Arumdyankhumalasari's Blog

Permasalahan Serikat Kerja Saat Ini

Posted on: November 30, 2010

Pekerja atau buruh adalah seseorang yang bekerja kepada orang lain dengan mendapatkan upah. Jumlah tenaga kerja yang tersedia di Indonesia tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Sebagian besar tenaga kerja yang tersedia adalah yang berpendidikan rendah atau tidak berpendidikan sama sekali. Keadaan ini menimbulkan adanya kecenderungan majikan untuk berbuat sewenang- wenang kepada pekerja / buruhnya. Posisi pekerja yang lemah dapat diantisipasi dengan dibentuknya serikat pekerja / serikat buruh yang ada di perusahaan . Diharapkan dengan adanya serikat pekerja di perusahaan dapat mewakili dan menyalurkan aspirasi pekerja, sehingga dapat dilakukan upaya peningkatan kesejahteraan pekerja. Dengan kata lain serikat pekerja / buruh diharapkan dapat sebagai wadah pekerja dalam memperjuangkan haknya.

Namun, terkadang sering terjadi stigmatisasi terhadap kehadiran serikat pekerja di suatu perusahaan. Baik pihak perusahaan maupun dari pihak pekerja itu sendiri sering mempunyai asumsi negatif. Serikat pekerja dianggap sebagai sebuah organisasi pekerja yang sifatnya merongrong kelangsungan perusahaan, membuat kisruh dan menjadikan hubungan kerja antara pengusaha dan pekerja menjadi tidak kondusif. Stigma tersebut tentu saja dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak menyukai kehadiran suatu serikat pekerja di suatu perusahaan.

Dapat dimaklumi bahwa sering terjadi perbedaan pendapat yang sangat tajam antara pihak pengusaha dengan pihak serikat pekerja, karena pada dasarnya kedua pihak ini mencoba memperjuangkan tujuannya masing-masing. Pihak pengusaha berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan biaya yang sekecil-kecilnya, sedangkan pihak pekerja berusaha memperjuangkan agar kesejahteraan pekerja dan keluarganya semakin meningkat. Wajar apabila kemudian dalam suatu perundingan terjadi silang pendapat, tetapi apabila perbedaan ini disikapi dengan bijaksana, dimana kedua belah pihak mengedepankan sikap saling menghormati dan saling menghargai, maka seharusnya, dapat dicapai suatu solusi terbaik.

Disini peran pemerintah sebagai lembaga pengawas, harus benar-benar dilaksanakan dengan baik, dalam hal ini sebagai mediator, dapat memberikan anjuran yang sebaik-baiknya berdasar atas keadilan dan peraturan yang mengaturnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • arumdyankhumalasari: bahan"nya mah biasa ja sma kya es babble yg lain'y.. py da tmbahan'y, kya pke keju, kacangg, oreo, n mesis..
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Categories

%d bloggers like this: